Skip to main content

Anting Suku Dayak : Sebuah Warisan Budaya Tanah Borneo



Hallo travelwan travelwati!!

Kali ini penulis ingin mengulas sedikit tentang Borneo. Kalimantan merupakan pulau besar dengan nilai kebudayaan yang sangat tinggi. Sekarang banyak suku yang mendiami pulau ini, namun penduduk asli Pulau ini adalah Suku Dayak. Kebudayaan yang unik dapat kita temukan di sini, seperti tradisi tindik telinga dan juga tato tubuh. Di kawasan Suku dayak kamu masih bisa menjumpai berbagai ritual-ritual yang sampai sekarang masih diadakan.

Salah satu tradisi Suku Dayak yang sangat unik adalah, upacara pemasangan anting atau biasa disebut dengan tradisi tindik telinga. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh para wanita Suku Dayak. Ketika masih bayi para penduduk akan dipasangi anting dan setiap bertambahnya usia maka anting yang dipasang juga akan bertambah satu-persatu. Tradisi ini dilakukan untuk mempercantik para wanita suku dayak. Semakin panjang telinga, maka dianggap kecantikan perempuan Suku Dayak juga semakin bertambah. Di beberapa suku daerah di Kalimantan nama tradisi ini berbeda-beda, seperti di Suku Dayak Iban tradisi ini dinamakan upacara mucuk penikng.

Menurut penulis, tradisi tersebut sangatlah unik, membuat masyarakat di luar suku Dayak mengagumi kebudayaan yang sangat langka tersebut. Buat kamu yang ingin melihat uniknya tradisi ini, kamu dapat berkunjung ke kawasan Suku Dayak yang ada di Kalimantan Timur, tidak perlu khawatir, nantinya akan ada pemandu yang akan menemani kamu saat  berkunjung ke perkampungan Suku Dayak. Selain itu warga suku Dayak juga menyambut baik kedatangan para pengunjung yang ingin mengagumi keunikan budaya di sini.

Notes buat para traveler :

  • Persiapkan perjalanan kamu jauh-jauh hari ya..
  • Patuhi peraturan adat yang berlaku.
  • Disarankan untuk selalu mengikuti pemandu.
  • Selamat berpetualang dan melihat hal menakjubkan di sana ya !!


Salam traveler sejati!!

Comments

Popular posts from this blog

The Legendary of Nasi Goyengg! WM. Bakmi Ketandan a.k.a Nasi Goreng Koh Dyam Jl. Bhayangkara, Yogyakarta

The Legendary of Nasi Goyengg! WM. Bakmi Ketandan a.k.a Nasi Goreng Koh Dyam Jl. Bhayangkara, Yogyakarta Nasi Goreng B2 + Ayam Bakmi Goreng Cap Cay Rasanya zupeeerrr!!!! Yg orang jogja pasti tau nih tempat 👍👍👍

Marry Anne's Ice Cream & Resto

Marry Anne's Ice Cream & Resto Jl. Kebonsari 2, Yogyakarta Menyediakan artisan ice cream dgn lebih dr 54 rasa, dan pancake dgn pilihan rasa yg pas di kantong! Get buy 1 get 1 free ice cream voucher & get your own member!

Nikmatnya Pempek Palembang yang Menggugah Selera Untuk Di Nikmati

Hallo travelwan travelwati!! Kota yang dijuluki sebagai surganya wisata kuliner ini menyimpan beragam cita rasa makanan yang menggugah selera. Berbagai makanan khas yang begitu lezat dijamin  akan memanjakan lidah kamu. Dari makanan berat, makanan ringan dan minuman pun ada sehingga tidak salah jika kota ini juga mendapat julukan sebagai “Kota Sejuta Kuliner”, dan yang paling khas dan menjadi icon kota  ini tentu saja Pempek. Makanan yang menjadi andalan Kota Palembang ini memiliki cita rasa yang khas dengan menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Selain ikan terdapat campuran bahan lainnya seperti tepung sagu, air, dan garam. Yang membuat makanan ini sangat khas dengan Palembang adalah ikan yang digunakan sebagai bahan dasarnya, yaitu ikan Belida yang ada di Sungai Musi, tapi karena keberadaan ikan ini yang semakin langka maka para pedagang menggantinya dengan Ikan Gabus atau Ikan Tengiri, tenang saja soal rasa dijamin tetap memiliki kelezatan yang luar biasa. Tak lengkap juga